Jaul brake fluid minyak rem

0
516
minyak rem mobil,motor,alat berat
minyak rem mobil,motor,alat berat

Suatu bahan kimia yang diformulasihkan untuk minyak rem yang dapat bertahan pada temperatur tinggi sehingga memberikan keamanan berkendraan.

Macam-Macam, Fungsi & Sistem Rem Pada Kendaraan
Rem ( brake dalam bahasa inggris ) adalah alat yg digunakan untuk memperlambat dan ato menghentikan laju kendaraan .Adanya rem pada kendaraan sangat penting untuk keselamatan pengendara ,jika tidak ada rem  maka pengendara bisa mengalami kecelakaan yg bisa menyebabkan kematian .Rem hanya salah satu bagian kendaraan yg penting ,masih ada bagian penting lainnya ,berikut bagian/komponen utama kendaraan System rem  yg digunakan pada kendaraan bermotor dapat digolongkan sebagai berikut :Menurut konstruksinya : Rem tromol  Rem piriringan/cakram

Menurut tempatnya ada 2 :
Rem roda = rem yg ditempatkan pada roda depan atopun belakang
Rem propeller = rem yg ditempatkan didepan poros propeller
Menurut layanannya :
Rem kaki ,dg cara di injak
Rem tangan ato rem parkir
Menurut mekanisme penggeraknya :
Rem mekanis = rem yg menggunakan tuas ato kawat pada system rem ,kekuatan pengereman tergantung pada kekuatan tarikan/kawat.
Rem hidraulik = rem yg menggunakan fluida dalam pengereman
Rem boster = suatu alat tambahan yg digunakan untuk meringankan tenaga pengereman dg memenfaatkan kevakuman
Rem angin = rem yg bekerja berdasarkan tekanan udara yg tersedia untuk membantu mengerakan sepatu / kampas rem dalam menekan tromol

Rem Cakram
Rem cakram ato Disc Brake banyak dipakai dikendaraan bermotor berkecepatan tinggi .Terjadinya gaya pengereman pada rem cakram adalah akibat gesekan yg dilakukan oleh pad/ bantalan terhadam cakram/ piringan dg cara menjepit .

Keuntungan :
Pengereman tetap stabil walaupun dilakukan berkali2 pada kecepatan tinggiPiringan dapat meradiasi panas dg baik
Ekspansi paanas dan pemuaian panas yg terjadi karena gesekan tidak menyebabkan perubahan renggang antara cakram dan pada Konstruksi  sederhana Jika piringan terkena air maka efek pengereman tetap konstan ,hal ini disebabkan air yg menempel pada piringan akan terlempar keluar karena gaya sentrifugal

Kerugian :Diperlukan tenaga pengereman yg lebih besarDebu dan kotoran akan lebih mudah masuk karena system remnya terbuka
Jenis2 Rem Cakram :
Tipe satu piston/floating caliper
Tipe dua piston/fixed caliper
Pada tipe satu piston/ floating caliper ,tekanan hidraulik master silinder akan mendorong kea rah kiri .Cakram bergerak berlawanan arah dg gerak piston sehingga piringan akan terjepit Pada tipe dua piston ,tenaga pengereman yg terjadi  adalah saat tekanan hidraulik mendorong kedua piston sehingga piston mendorong pad untuk menjepit piringan/cakram .Kerja dari tipe ini lebih akurat namun radiasi panasnya terbatas karena silinder rem berada diantara cakram dg velg sehingga dulit tercapainya pendinginan oleh karena itu dibutuhkan komponen yg lebih banyak

Jadi ,secara garis besar komponen2 rem cakram itu ada 3 macamnya yaitu : piringan/cakram ,pad dan caliper .

  1. Cakram/ piringan

Terbuat dari besi tuang kelabu berbentuk lingkaran yg dipasang ato disatukan dg roda sehimgga apabila roda berputar maka cakram juga ikut berputar .

  1. Pad / bantalan rem/ diskbrake

Terbuat dari metalik fiber dicampur dg sedikit serbuk besi ,fungsinya adalah untuk memberikan gesekan pada piringan saat mendapatkan tekanan hidraulik dari master silinder .

  1. Caliper

Adalah rumah piston .Caliper dibedakan menjadi 2 macam menurut konstruksinya yaitu floating caliper dan fixed caliper .

Syarat2 Rem :

Dapat bekerja cepat dan tepat

Kemampuan pengereman dapat dipercaya

Gaya pengereman tiap roda harus sama

Konstruksi sederhana pemeliharaan mudah

Rem Tromol

Rem terdiri dari beberapa jenis ,diantaranya berdasarkan konstruksinya yg terdiri dari rem cakram dan rem tromol .Untuk saat ini saya membahas tentang Rem Tromol

Komponen :

Tromol, Silinder Roda,  Sepatu Rem, Kampas Rem, Pegas Pengembali

Rem Tromol pada kendaraan mobil biasanya dipakai pada roda belakang .

Cara Kerja :

Saat pengemudi menginjak pedal rem ,master silinder menekan fluida kemudian fluida meneruskan tekanan ke silinder roda ,silinder roda kemudian menekan sepatu rem yg akhirnya sepatu rem yg membawa kampas  rem menekan tromol dan menimbulkan gesekan antara kampas rem dan tromol, gesekan inilah yg menyebabkan kendaraan melambat ato berhenti .

Macam2 Rem Tromol :

Tipe leading and trailing

Tipe uniservo

Tipe duoservo

Tipe two leading single action

Tipe two leading double action

  1. Tipe leading and trailing

Jenis ini hanya menggunakan sebuah satu silinder roda dg dua piston di dalamnya .Sepatu roda yg tidak berhubungan dg silinder roda ditumpu oleh anchor pin sehingga tidak dapat bergerak .Gaya pengereman tipe ini sama kekuatannya pada saat maju ato mundur sehingga lebih cocok untuk rem roda belakang .

  1. Tipe uniservo

Tipe ini hanya memiliki satu silinder roda dan satu piston didalamnya ,sepatu rem yg tidak berhubungan dg sepatu rem masih dapat bergerak .Kekuatan pengereman jenis ini lebih kuat  pada saat maju dibanding mundur ,sehingga lebi cocok untuk rem depan .

  1. Tipe duoservo

Tipe ini hampir sama dg tipe leading and trailing ,perbedaannya pada sepatu rem yg tidak berhubungan dg silinder roda tidak diikat mati ,ato diikat mengambang sehingga dapat bergerak .Seperti pada tipe uniservo ,tekanan hidraulis yg diterima sepatu rem diteruskan ke sepatu rem yg lain .Kekuatan pengereman tipe ini sama kuatnya antara maju dan mundur ,sehingga lebih cocok untuk rem belakang tetapi kekuatan pengeremannya lebih kuat dinanding tipe leading and trailing .

 

 

 

 

LEAVE A REPLY